Widget HTML Atas

Contoh soal perubahan sosial yang ada di lingkungan masyarakat atau keluarga saat terjadi pandemi covid-19

Contoh soal perubahan sosial yang ada di lingkungan masyarakat atau keluarga saat terjadi pandemi covid-19

Berikut di bawah ini soal sosiologi perubahan sosial yang ada di lingkungan masyarakat atau keluarga saat terjadi pandemi covid-19!

1. Amatilah dan identifikasi perubahan sosial yang ada di lingkungan keluarga/masyarakat saat terjadi pandemi!

Jawab: Di saat pandemi covid-19 banyak sekali terjadi perubahan di lingkungan sekitar kita, seperti dari segi ekonomi, pakaian, gaya hidup, dan cara berkomunikasi. 
Segi ekonomi: Sebelum pandemi covid-19 perekonomian berjalan stabil dan lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan, namun saat terjadi pandemi covid-19 perekonomian di lingkungan masyarakat cenderung turun karena banyak toko di tutup untuk mengurangi kerumunan serta banyak pegawai terkena PHK akibat bos di tempat kerjanya tidak bisa memberi gaji yang layak.
Segi pakaian: Sebelum pandemi covid-19 masyarakat tidak memakai masker saat keluar rumah, namun saat pandemi covid-19 terjadi masyarakat menggunakan masker saat keluar rumah untuk menghindari penyebaran virus covid-19.
Segi gaya Hidup: Sebelum pandemi masyarakat tidak terlalu ketat menjaga kebersihan lingkungan di sekitar, namun setelah adanya covid-19 masyarakat lebih menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya dan lebih menjaga kesehatan.
Segi komunikasi: Sebelum pandemi covid-19 masyarakat melakukan interaksi secara langsung, namun saat pandemi covid-19 terjadi masyarakat menggunakan komunikasi tidak langsung seperti kecanggihan teknologi internet. 


2. Dan klarifikasilah jawabanmu di atas termasuk perubahan secara cepat atau secara lambat!

Jawab: Perubahan di atas termasuk perubahan cepat karena termasuk perubahan tersebut menyangkut unsur-unsur kehidupan.
Perubahan di atas termasuk perubahan yang besar karena semua masyarakat merasakan dampak yang sama.
Perubahan di atas termasuk perubahan yang tidak dihendaki karena perubahan tersebut terjadi secara cepat tanpa adanya rencana terlebih dahulu.


3. Dikarenakan faktor luar apa faktor dalam perubahan sosial yang kamu tulis? dan beri alasan!

Jawab: Dikarenakan faktor dalam, karena hal ini berkaitan dengan perubahan penduduk, perubahan penduduk meliputi interaksi sosial yang terjadi di masyarakat.


4. Sebutkan dampak positif dan negatif saat pandemi covid-19 di lingkunganmu?

Jawab: Dampak positif: Masyarakat lebih menjaga kebersihan lingkungan, masyarakat melakukan hidup sehat seperti rutin berolahraga, dan banyak masyarakat yang mulai memahami teknologi modern.
Dampak negatif: Turunnya perekonomian di masyarakat, susah mencari pekerjaan, dan penurunan prestasi belajar bagi anak yang masih sekolah.

Tidak ada komentar untuk "Contoh soal perubahan sosial yang ada di lingkungan masyarakat atau keluarga saat terjadi pandemi covid-19"