Widget HTML Atas

Cara membuat fermentasi alkohol dari tape ketan hitam

 

Cara membuat fermentasi alkohol dari tape ketan hitam


Pengertian fermentasi

Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel yang tidak menggunakan udara atau oksigen.
Fermentasi alkohol adalah suatu reaksi pengubahan glukosa menjadi etanol atau karbon dioksida.
Berbagai makanan hasil dari fermentasi yaitu tape ketan, tapai singkong, tempe, terasi, oncom dll. Sedangkan makanan hasil fermentasi alkohol adalah tape ketan dan brem.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat fermentasi alkohol:

  1. ½ kg ketan hitam
  2. ½ kg ketan putih
  3. 2 butir ragi
  4. 3 sdm gula pasir
  5. Air secukupnya

Alat-alat yang digunakan dalam pembuatan fermentasi alkohol:

  1. Wadah bak berukuran sedang
  2. Sendok
  3. Rice cooker
  4. Plastik
  5. Alat penumbuk

Cara pembuatan fermentasi alkohol dari tape ketan hitam:

  1. Siapkan masing-masing ½ kg tape ketan hitam dan tape ketan putih. Cuci sampai bersih ketan hitam dan ketan putih.
  2. Kemudian rendam ketan hitam selama semalaman, jika ketan hitam sudah direndam semalaman campur ketan hitam dan ketan putih.
  3. Masukan kedua jenis ketan yang sudah di cuci ke dalam rice cooker, berilah sedikit air kira-kira permukaan air menyentuh garis pertama jari telunjukmu.
  4. Kemudian tekan cook pada mesin rice cooker, tunggu beberapa menit sampai ketan hitamnya matang. Jika sudah matang tombol rice cooker akan berubah menjadi warm.
  5. Setelah ketan hitamnya matang, taruhlah ke dalam bak berukuran sedang aduklah sampai merata dan dinginkan ketan hitam.
  6. Sambil menunggu ketan hitam menjadi dingin, tumbuklah 2 butir ragi sampai halus. 
  7. Jika ketan hitam sudah dingin, silakan ketan hitam diberi ragi yang sudah di haluskan tadi dan berilah 3 sdm gula pasir.
  8. Kemudian tutup rapat bak berukuran sedang menggunakan plastik. Usahakan tertutup dengan rapat supaya ketan hitam bisa matang dengan sempurna menjadi tape ketan hitam.
  9. Tunggu sampai 2 atau 3 hari baru tape ketan hitamnya sudah matang.
  10. Jika tape ketan hitam sudah matang biasanya akan mengeluarkan air secara alami dari proses pembuatan tersebut, itu dinamakan fermentasi alkohol.

Proses tape ketan bisa menjadi fermentasi alkohol:

Proses pematangan tape ketan hitam di bantu oleh respirasi anaerob, respirasi anaerob yaitu proses katabolisme yang tidak memerlukan oksigen untuk menghasilkan energi, seperti saat kamu menutup rapat tape ketan hitam dengan plastik.
Dari komposisi kimiawinya karbohidrat sebagai penyusun beras ketan adalah pati. Pati adalah karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air. Fermentasi alkohol tersebut dapat terjadi karena di bantu oleh ragi dalam proses pematangan tape ketan. Di dalam ragi terdapat khamir (saccharomyces cerevisiae) yang berfungsi merombak pati menjadi glukosa dan glukosa menjadi  etanol atau etil alkohol.