Widget HTML Atas

21 Kata Bijak Chanakya

Cānakya (Dewanagari: चाणक्य; , IAST: Cāṇakya , ; Tamil: சாணக்கியன்; IAST: Cāṇakiyan ) (sekitar 350â€"275 SM) adalah seorang penasihat maharaja Maurya pertama, Chandragupta dan kepala arsitek pada masa kebangkitannya. Kautilya dan Vishnugupta, nama yang dikenali sebagai Canakya, penulis Arthaśāstra. Canakya dianggap sebagai pelopor ilmu politik dan ekonomi India. Di Dunia Barat, dia dijuluki "Machiavelli India", meskipun karya Canakya mendaului Machiavelli sekitar 1.800 tahun. Canakya adalah seorang guru di Taká¹£aÅ›ila, pusat pembelajaran kuno, dan berperan penting dalam pendirian Kemaharajaan Maurya, yang pertama di anak benua India. Karya-karyanya hilang saat mendekati akhir Dinasti Gupta dan tidak ditemukan kembali sampai tahun 1915.


Chanakya merupakan motivator yang sering kita dengar di Tanah Air. Ia dikenal memiliki etos kerja tinggi serta memberikan motivasi yang bisa membangkitkan optimisme.


Chanakya , Lahir 350 SM, Meninggal 275 SM Pataliputra , Nama lain Kauá¹­ilya, Vishnugupta, Almamater Taxila, Pekerjaan Professor; Pengawas Chandragupta Maurya, Dikenal atas Pendiri Kerajaan Maurya, Karya terkenal Arthashastra, Chanakya Niti, Orang tua Chanake (bapak)


Kamu pun bisa membaca pesan positif tersebut melalui kata-kata hidup dari Chanakya yang bisa membuat harimu lebih penuh semangat. Nah, berikut kami rangkum dari berbagai sumber, inilah kata-kata motto hidup dari Chanakya yang menginspirasi dan memberi semangat.


21 Kata-kata motto hidup dari Chanakya yang penuh motivasi.

Seorang istri yang baik adalah dia yang melayani suaminya seperti seorang ibu pada pagi hari, mencintai dia seperti seorang saudara kandung, dan menyenangkan dia di malam hari.
Seperti halnya sebuah pohon layu yang bisa menyebabkan kebakaran hutan jika dibakar, begitu pula seorang anak yang nakal yang bisa menghancurkan seluruh keluarga.
Kekuatan terbesar yang dimiliki dunia adalah generasi muda dan kecantikan seorang wanita.
Wangi bunga menyebar hanya mengikuti arah angin. Tapi kebaikan seseorang menyebar ke semua arah.
Ular, raja, harimau, lebah yang menyengat, anak kecil, anjing dimiliki oleh orang lain, dan orang bodoh: ketujuh hal ini tidak akan terbangun dari tidur.
Dia yang sangat dekat dengan anggota keluarganya mengalami ketakutan dan kesedihan karena akar dari semua kedukaan adalah kedekatan. Demikianlah seseorang harus mengesampingkan kedekatan untuk jadi bahagia.
Kita tidak seharusnya resah terhadap masa lalu, begitupula kita juga tidak boleh cemas akan masa depan. Manusia bijaksana hanya memikirkan masa kini.
Sekali anda mengerjakan sesuatu, jangan takut gagal dan jangan tinggalkan itu. Orang-orang yang bekerja dengan ketulusan hati adalah mereka yang paling bahagia.
Jangan mengucapkan apa yang kamu pikirkan ketika bekerja, tapi dalam kebijaksanaan, biarkan itu menjadi sebuah rahasia yang membawa kepada tindakan.
Pendidikan adalah teman yang baik. Seseorang yang terdidik akan dihormati dimanapun. Pendidikan mengalahkan kecantikan dan jiwa muda.
Tidak ada kesederhanaan yang sama dengan sebuah pikiran yang seimbang, dan tidak ada kebahagiaan yang sama dengan kepuasan; tidak ada penyakit layaknya ketamakan, dan tidak ada kebaikan yang sama dengan kasih sayang.
Ada semacam ketertarikan satu sama lain di setiap persahabatan. Tidak ada persahabatan tanpa ketertarikan. Itu adalah kebenaran yang pahit.
Lebih baik mati daripada hidup dengan menanggung malu. Kehilangan hidup hanya menyisakan kesedihan sementara, tapi rasa malu mendatangkan kesedihan setiap harinya.
Ada semacam ketertarikan satu sama lain di setiap persahabatan. Tidak ada persahabatan tanpa ketertarikan. Itu adalah kebenaran yang pahit.
Sebelum kamu memulai beberapa pekerjaan, selalu tanyakan tiga pertanyaan pada dirimu: kenapa aku melakukannya? Apa hasilnya kira-kira? Dan apakah aku akan sukses? Kamu bisa melakukannya hanya ketika kamu berpikir secara mendalam dan menemukan jawaban yang memuaskan untuk ketiga pertanyaan ini.
Buku berguna untuk orang bodoh seperti cermin berguna bagi seorang buta.
Guru-mantra terbesar adalah: jangan pernah membagikan rahasiamu kepada orang lain. Itu akan menghancurkanmu.
Jangan berkawan dengan orang-orang yang statusnya di atas atau di bawahmu. Persahabatan semacam ini tidak akan memberikanmu kebahagiaan.
Jika seseorang memiliki sifat yang baik, apakah kebaikan lainnya dibutuhkan? Jika seseorang terkenal, apalah arti dari sebuah riasan?
Seseorang besar karena sifatnya, bukan karena kelahirannya.
Seseorang yang pengetahuannya diambil dari buku dan kekayaannya dari menjajah orang lain, tidak akan bisa menggunakan pengetahuan dan kekayaannya ketika kebutuhan akan kedua hal tersebut muncul.

Tidak ada komentar untuk "21 Kata Bijak Chanakya"