Widget HTML Atas

Hati-hati modus penipuan giveaway di TikTok

 Hati-hati modus penipuan giveaway di aplikasi TikTok

Halo guys kalian mampir ke sini mungkin ragu karena tiba-tiba menang giveaway padahal kamu tidak nge follow akun yang mengadakan giveaway tersebut. Tiba-tiba mendapatkan pesan di TikTok selamat kamu menang giveaway hp iPhone misalnya. 

Apakah itu benar-benar menang giveaway sungguhan atau tidak?. Jika kalian mendapatkan pesan seperti itu perhatikan hal-hal di bawah ini untuk memastikan itu giveaway asli atau hanya modus penipuan.

Berikut ini ciri-ciri giveaway palsu/modus penipuan:
  1. Followersnya TikToknya di bawah 50ribu, minimal harus 50ribu ke atas.
  2. Tidak mencantumkan no pribadi di bio, tidak mencantumkan Ig yang jelas.
  3. Biasanya syarat menang giveaway harus nge follow akun yang mengadakan giveaway untuk menambah followers di akun tersebut, tetapi kamu meskipun tidak memfollow akun tersebut kamu tetap menang giveaway (ingat dari situ sudah mencurigakan jadi jangan langsung percaya).
  4. Disuruh bayar ongkir 50ribu-150ribu atau dengan alasan membayar pajak. Perlu diingat jika giveaway asli tidak di pungut biaya sama sekali jadi gratis, jika di suruh membayar berarti itu sudah masuk modus penipuan.
  5. Menggunakan kedok brand/artis tertentu, cek dulu akunnya asli atau bukan. caranya kunjungi profil yang mengadakan giveaway klik gambar segitiga kecil terbalik di dekat logo ig atau di dekat tulisan ikuti, jika akun asli maka akan muncul tulisan saran akun dan muncul gambar kawan-kawannya di akun tersebut. Jika akun palsu akan muncul tulisan tidak ada saran akun lainnya.
Jadi  kesimpulannya jika kalian mendapatkan giveaway tapi terdapat ciri-ciri di atas itu artinya giveaway yang kalian alami palsu/penipuan. Perlu diingat sekali lagi jika kalian menang giveaway tapi di suruh bayar artinya itu modus penipuan, logika nya mana ada orang mau memberikan hadiah tapi orang yang mendapatkan hadiah harus bayar dari situ saja sudah mencurigakan. 

Oke guys kalian harus hati-hati dalam mengikuti giveaway jika kalian tiba-tiba mendapatkan giveaway jangan langsung percaya cek terlebih dahulu akun yang mengadakan giveaway. Supaya kalian tidak tertipu dengan embel-embel giveaway, berharap dapat untung malah buntung maka dari itu kalian harus hati-hati.

Berikut gambar akun giveaway penipuan:






























































Berikut ini ciri-ciri giveaway asli:
  1. Yang mengadakan giveaway menggunakan akun asli atau centang biru, followers nya 100ribu keatas.
  2. Mencantumkan ig, email, no hp yang jelas.
  3. Memiliki saran akun lainnya.
  4. Memiliki syarat tertentu untuk mengikuti giveaway.
  5. Tidak dipungut biaya atau gratis, biasanya semua biaya di tanggung oleh pihak yang mengadakan giveaway.
Itu dia ciri-ciri giveaway asli dan giveaway palsu. Jadi jangan sampai tertipu, harap lebih berhati-hati jika mengikuti giveaway.