Widget HTML Atas

Cara membuat roket air sederhana sekaligus menerapkan hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari

 Cara membuat roket air sederhana sekaligus menerapkan hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari




Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat roket air sederhana:
  1. Lakban
  2. Lem tembak 
  3. 1 paket malam/ lilin mainan
  4. Kertas karton
  5. Pompa angin
  6. Pentil ban bekas
  7. 2 Botol bekas 1,5L
  8. Kardus
  9. Gunting
  10. Kertas bufalo
Cara membuat roket air sederhana:

Cara membuat kepala roket:
  1. Potong botol bekas bagian atas, sehingga membentuk sebuah kerucut.
  2. Tempelkan 1 paket malam/lilin mainan secara merata pada potongan botol yang berbentuk kerucut yang sudah di potong tadi.
  3. Siapkan kertas karton, buatlah sebuah kerucut dari kertas karton. Usahakan kerucutnya sesuai dengan potongan botol tadi.
  4. Setelah kerucut yang terbuat dari kertas karton sudah jadi, silakan kamu lapisi kerucut dengan kertas buffalo berwarna supaya tampilannya lebih menarik.
  5. Kemudian satukan bagian botol yang berbentuk kerucut dengan kerucut yang terbuat dari kertas. Rekatkan menggunakan lem tembak, kemudian rapikan. Kepala roket pun sudah jadi.
Cara membuat badan roket:
  1. Siapkan 1 botol bekas ukuran 1,5L air secara utuh.
  2. Satukan bagian badan roket dan kepala roket menggunakan plakban.
  3. Lapisi badan roket menggunakan kertas buffalo berwarna, rekatkan menggunakan lem tembak.
  4. Buatlah 3 sayap roket dari kardus, caranya buatlah segitiga berukuran sedang kemudian potong menggunakan gunting. Lipat sedikit bagian yang paling panjang.
  5. Lapisi segitiga tersebut menggunakan kertas buffalo berwarna. Kemudian rekatkan sayap roket pada bagian samping kanan, samping kiri, dan tengah dekat tutup botol
  6. Lubangi tutup botol sesuai dengan ukuran pentil ban sepeda. Masukan pentil ban sepeda ke dalam lubang tutup botol yang sudah kamu lubangi, rekatkan menggunakan baut pentil.
  7. Untuk melakukan uji coba silakan isi roket kamu dengan air sebanyak 1/2 botol, jangan lupa ditutup. Pompa roket kamu dengan pompa ban sepeda.
  8. Jika saat dipegang roket terasa keras segera buka penutup botolnya arahkan ke atas. Dan roket pun meluncur.
Itu dia cara membuat roket air sederhana sekaligus cara mengujinya.

Prinsip terdorongnya roket memenuhi hukum kekelan momentum: 
Jika mula-mula roket diam maka momentumnya sama dengan nol. Hukum kekekalan momentum berlaku di mana semburan air menyebabkan roket bisa bergerak ke atas dengan kelajuan yang sangat tinggi. "Apabila sebuah benda memberikan gaya pada benda lain, maka benda tersebut akan memberikan gaya pada benda pertama. Kedua gaya tersebut memiliki besar yang sama tetapi berlawanan arah."

Tidak ada komentar untuk "Cara membuat roket air sederhana sekaligus menerapkan hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-hari"