Widget HTML Atas

Contoh soal TPS UTBK pemahaman bacaan dan menulis beserta pembahasannya

 Contoh soal TPS UTBK pemahaman bacaan dan menulis beserta pembahasannya




Soal 1
UTBK 2021/TPS/PBM/GEL.1/33
Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1-3.

(1) Hal yang sangat menggiurkan dari dunia bisnis adalah profit. (2) Keberhasilan seorang pebisnis bukan suatu kebetulan dan keberuntungan. (3) Keberhasilan itu diperoleh melalui kegiatan memepelajari perilaku dan kebiasaan dari pebisnis sukses lainnya. (4) Seseorang dapat mempelajari tingkah laku serta memolakan apa yang terjadi, yaitu dengan cara mengamati, meniru, dan memodifikasi. (5) ...,seseorang jangan hanya terpana melihat keberhasilan, tetapi cari tahu bagaimana proses mereka. (6) Kesuksesan seorang pebisnis tidak sekedar dilihat dari hasil, tetapi juga dari upaya yang terus-menerus dilakukan dengan kerja keras. (7) Sukses itu bukan kebetulan, melainkan hasil proses belajar dan pengorbanan. (8) Seorang pebisnis juga harus menerapkan konsep bahwa keberhasilan bukan kebetulan, keberhasilan harus dipelajari dengan melihat kebiasaan dan tingkah laku.
Penulisan kata bercetak tebal pada teks tersebut yang salah terdapat pada kalimat...
(A) 1 
(B) 3
(C) 4
(D) 6 
(E) 8

Pembahasan: (D) 6

Soal 2
UTBK 2021/TPS/PBM/GEL.1/32

Apa inti isi teks di atas?
A) Seseorang tidak boleh terpana dengan keberhasilan orang lain. 
B) Keuntungan bisnis merupakan hal yang sangat menggiurkan.
C) Keberhasilan pebisnis bukan karena kebetulan dan keberuntungan. 
D) Keberhasilan pebisnis dapat terwujud karena mempelajari kesuksesan pebisnis lain.
E) Seseorang dapat berbisnis dengan cara mengamati, meniru, dan memodifikasi.

Pembahasan: (C) Keberhasilan pebisnis bukan karena kebetulan dan keberuntungan.

Soal 3
UTBK 2021/TPS/PBM/GEL.1/34

Kata sambung yang paling tepat melengkapi kalimat (5) adalah...
(A) lagi pula
(B) oleh karena itu
(C) akan tetapi 
(D) di samping itu
(E) dengan demikian

Pembahasan: (D) di samping itu

Soal 4
SBMPTN 2016/TKPA 327/62 Teks 1

(1) Selain pameran lukisan bertajuk Mengeja Laku Liku Kaliku, komunitas peduli sampah selaku penyelenggara Festival memamerkan berbagai barang yang diproduksi dari sampah sungai, seperti tas, keranjang, vas bunga, dan lampion. (2) Berbagai sen pertunjukan juga digelar selama Festival berlangsung. seperti acara tradisi palang pintu Betawi, atraksi manusia petasan di atas bukit, debus, karinding, dan lenong. (3) Bahkan, partisipasi juga dilakukan oleh warga, pengusaha, aktivis, dan pelaku seni dalam lomba, seperti lomba memancing sampah dan lomba mewarnai. (4) Festival semakin semarak dengan sajian berbagai jajanan tradisional dan kuliner.
(5) Mereka menggelar kegiatan budaya ini untuk meningkatkan kepedulian warga akan Kali Cisadane. (6) Pinggiran Kali Cisadane dipilih sebagai lokasi acara, karena kondisi sungai sudah sangat memprihatinkan. (7) Jadi, dengan pameran dan pagelaran seni budaya ini, semua pihak, baik pemerintah, pengusaha, aktivis dan pegiat lingkungan, pelaku seni, maupun masyarakat luas diajak untuk bersinergi, peduli, menjaga, merawat, dan melestarikan sungai yang selama ini menjadi sumber kehidupan warga, termasuk kebutuhan air baku. (8) Warga tepi Kali Cisadane menyambut antusias kegiatan budaya ini.
Pada kalimat nomor berapa terdapat kesalahan penggunaan tanda koma?
(A) 1
(B) 2
(C) 3
(D) 6
(E) 8 

Pembahasan: (D) 6

Soal 5
UTBK 2020/TPS/PBM/58

Teks 2
(1) Era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan "Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" (IPTEK) memberikan perubahan dan tekanan dalam kehidupan. (2) Pengaruh globalisasi setidaknya telah merusak watak dan karakter anak didik yang cenderung mengabaikan pendidikan moral. (3) Tujuan ideal pendidikan tidak sekadar membentuk anak didik yang cerdas dan memiliki keterampilan dalam melaksanakan tugas, tetapi berupaya membentuk anak didik memiliki moral sehingga memiliki kepribadian luhur sesuai dengan karakter bangsa.
(4) Pendidikan moral di zaman sekarang sangat penting karena banyak kasus kenakalan remaja. (5) Oleh karena hal itu, orang tua harus selalu memberikan nasihat dan ilmu agama kepada anak-anaknya. (6) Pendidikan moral sangat penting diajarkan kepada anak-anak sejak dini supaya tercipta akhlak yang baik dan anak tersebut memiliki pengetahuan tentang agama yang kuat dan mengetahui perbedaan perbuatan yang baik dengan perbuatan yang tidak baik, (7) Dengan demikian, setiap keluarga, terutama orang tua, bisa memberikan pelajaran pendidikan moral kepada anak-anaknya. (8) Contoh yang bagus dalam menjalani kehidupan dengan penuh sikap dan moral yang positif, sangat berpengaruh untuk anak.
Penulisan kata "Ilmu Pengetahuan dan Teknologi" (IPTEK) pada kalimat I seharusnya...
(A) ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).
(B) ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). 
(C) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (iptek).
(D) ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).
(E) Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).

Pembahasan: 
(D) ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

Soal 6
UTBK 2021/TPS/PPU/GEL.1/52

(1) Banyak faktor yang memengaruhi perilaku manusia yang berkaitan dengan kesehatan. (2) Kesadaran akan risiko kesehatan yang akan dialami dapat mengubah perilaku masyarakat agar terhindar dari Covid-19. (3) Sementara itu, komunikasi melalui media massa, khususnya media sosial, merupakan hal yang penting untuk mengubah perilaku manusia yang berisiko kesehatan. (4) Media sosial yang memiliki kapasitas untuk diakses oleh jutaan orang secara bersamaan mampu memengaruhi perilaku individu dan komunitas.
(5) Akan tetapi, berita atau informasi kesehatan dan perkembangan dunia medis dalam media sosial tidak hanya dapat menyelamatkan manusia, tetapi juga dapat menyesatkan masyarakat. (6) Media sosial yang menjadi salah satu sumber informasi kesehatan bagi mayoritas orang Indonesia telah menjadi salah satu media edukasi bagi masyarakat, terutama dalam hal perubahan perilaku yang berkaitan dengan pandemi Covid-19. (7) Selain sebagai media hiburan, media sosial dapat menjadi sumber jawaban alternatif yang berkaitan dengan pertanyaan pertanyaan keseharian, termasuk pertanyaan dan informasi tentang Covid-19. (8) Jadi, media sosial, jika digunakan dengan baik, dapat menjadi salah satu alat yang mampu mengubah perilaku manusia dalam hidup berdampingan dengan Covid-19.
Perumpamaan pada teks di atas dapat ditemukan pada...
(A) Kalimat (3)
(B) kalimat (7)
(C) Kalimat (4) 
(D) Kalimat (6)
(E) kalimat (8)

Pembahasan: (D) Kalimat (6)